Telah diketahui bersama, bahwa kemajuan dunia dibarengi dengan efek-efek yang menciptakan kengerian sendiri. Pergeseran makna kemanusiaan semakin jelas. Bahwa kemudian ada harapan itu lain soal.

Yang kini terlihat adalah realita yang menurut Zizek ditentukan oleh yang virtual. Realitas virtual semakin jelas dari hari ke hari. Dunia virtual memengaruhi realitas. Mungkin malah dunia sudah menjadi virtual.

Orang muda berada dalam situasi konkret ini. Dengan demikian orang muda juga berjibaku dengan dunia virtual ini. Bagaimana cara terbaik menyesuaikan diri, tergantung pada orang muda sendiri.

Realitas virtual itu muncul lewat film yang bagaimanapun juga menciptakan realitas tersendiri. Realitas yang terjadi saat ini benar-benar ditentukan oleh yang virtual. Selain film, iklan juga memengaruhi realitas.

Orang muda diajak untuk jeli melihat fenomena ini. Fenomena realitas virtual mengajak orang muda untuk kreatif. Fenomena ini merupakan kesempatan untuk orang muda untuk memahami kemanusiaan secara mendalam, sekaligus berkreasi tanpa batas.