Manusia bisa datang dari latar belakang yang berbeda. Setiap manusia adalah manusia dengan kekhasannya sendiri. Apa yang bisa dilakukan dengan perbedaan ini? Yang bisa dilakukan adalah menghargai satu sama lain dalam kekhasannya masing-masing.

Dengan menghargai satu sama lain, hidup akan lebih bermakna. Hidup jadi bermakna ketika ada perjumpaan dan persahabatan. Perjumpaan dan persahabatan adalah hal berharga di tengah perbedaan. Persahabatan sudah seharusnya menjadi nilai yang dijaga bersama. Tanpa persahabatan hidup jadi hampa.

Persahabatan menghidupkan lagi semangat yang terpendam. Persahabatan akan menjadikan dunia menjadi tempat yang berharga juga. Persahabatan juga perlu dijaga agar konflik yang berdampak buruk bisa dihindari. Jika ada permasalahan, persahabatan bisa menjadi solusi karena dalam persahabatan ada saling memahami dan ada kepercayaan.

Tanpa kepercayaan, masalah menemui jalan buntu dan hanya persahabatan yang mampu membuka jalan keluarnya. Persahabatan juga mewujud menjadi perdamaian, dan perdamaian dibutuhkan untuk hidup. Hidup perlu diisi dengan perdamaian.

Demikianlah lingkaran persahabatan terjadi. Hidup dan persahabatan adalah satu. Artinya tiada kehidupan tanpa persahabatan.