Sebagai orang muda jangan takut berimajinasi tentang keberhasilan. Keberhasilan bisa diraih dengan usaha. Salah satunya ialah dimulai dengan membuat rencana. Membuat rencana berarti perencanaan. Dengan apa perencanaan dimulai?

Perencanaan dimulai dengan perkiraan. Perkiraan mengandung unsur rasional dan empiris. Pengalaman yang dimiliki diolah dengan rasio dan kemudian membuka perkiraan-perkiraan, mengandung perkiraan-perkiraan.

Perkiraan lain dengan menduga-duga. Perkiraan lebih serius daripada menduga-duga. Perkiraan memuat unsur berpikir dan merenung. Dengan demikian perkiraan bisa berupa rencana atau pemancangan tujuan.

Tujuan menjadi penting karena dengan tujuan kita tidak terjebak pada sarana-sarana. Sarana bukanlah tujuan. Bagaimana menentukan tujuan jugalah dengan berdasar pengalaman yang diolah. Yang dituju adalah cita-cita, sudahkah cita-cita itu selaras dengan konteks masyarakat dewasa ini?

Namun, lebih penting orang muda berbuat sesuatu dan berspekulasi dalam konteks hidupnya, karena dengan demikian orang muda tidak diam saja. Dengan mempunyai tujuan, hidup menjadi terarah dengan jelas.

Beranilah berbuat sesuatu.