POSTER_AGAWE

 

Halo teman-teman ketjil! Apa kabar? Sehat?

Di tanggal 13 Desember 2014 besok, di agenda ketjil tercatat sebuah pementasan nih. Dan pementasan itu adalah:

Si Doyo: Dolanan lan Makaryo

Pementasan ini merupakan sebuah persembahan teman-teman Universitas Atma Jaya yang tergabung dalam UKM Teater Lilin, untuk sebuah pertanyaan reflektif: Kebudayaan apakah yang akan kita wariskan kepada anak cucu kita ketika agen terkecil penerus kebudyaan tersebut sudah kehilangan arah?

Pertanyaan teman-teman UKM Teater Lilin tersebut bukan tanpa alasan lhoo. Coba kita perhatikan, anak kecil di lingkungan kita lebih familiar soal lagu “Bintang Kecil”, “Balonku”, dan “Naik Delman” atau lagu “Cinta Satu Malam”, “Cinta tapi Gengsi” dan “Sakitnya Tuh Di Sini”? Jawaban tersebut bisa saja memunculkan sebuah keprihatinan dari sekelompok anak muda akan sebuah generasi di mana lagu anak semakin lama semakin hilang ditelan oleh berbagai dinamika teknologi dan industri media saat ini. Lagu anak semakin kurang dilirik oleh industri media karena dirasa kurang bergengsi dan menguntungkan. Era patah hati dan lagu populer lainnya menjadi sebuah lagu yang sangat laris di semua kalangan.

Lagu anak menjadi sebuah bagian penting yang mewarnai masa kecil seorang individu karena mengandung banyak nilai, baik nilai sosial, budaya, solidaritas maupun etika. Era tahun 1990-an merupakan era yang kaya akan musik anak. Era tersebut melahirkan beberapa artis cilik seperti Joshua Suherman, Trio Kwek-Kwek, Sherina, Giovani, dan sebagainya. Akan tetapi menginjak era 2000-an, fenomena yang terjadi adalah anak-anak lebih sering mengonsumsi lagu dewasa yang cenderung memiliki konten yang tidak cocok untuk anak kecil.

Pementasan ini adalah sebuah pertunjukkan gamelan yang dibalut drama dan tari dengan alur cerita seorang bocah bernama Si Doyo (akronim “dolanan” lan “makaryo”) yang setiap harinya akrab sekali dengan dunia lagu anak.

Catat ya teman-teman! Tempat pementasannya di Auditorium Kampus II Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan harga tiket sebesar Rp 8000  (Pre Sale), Rp 10.000 (OTS) dan Gratis bagi teman-teman PAUD, TK dan SD (melalui pendaftaran, 50 pendaftar pertama). Info Pemesanan dan Pendaftaran: 087738406921 (Si Doyo).

Yuk teman-teman jangan hanya termangu dan berpikir tentang dirimu! Sebagai generasi muda yang peduli terhadap kebudayaan kita harus mengajak generasi muda lainnya untuk lebih bersikap kritis menghadapi perkembangan zaman, karena mau tidak mau generasi muda yang sekarang adalah orang tua di kemudian hari.

See You There, gaes! 😀