Sebagai anak muda yang aktif dan enerjik, anak muda dituntun oleh potensi menuju kebaruan.
Hal ini mungkin terjadi karena dengan menyadari potensi diri, anak muda dapat mengolahnya menjadi hal positif yang layak diperjuangkan. Hanya dengan mengolah potensinya anak muda tidak menjadi kikuk dan linglung. Anak muda zaman ini selalu diajak untuk memperbarui diri dan diajak untuk menemukan potensi positif dalam dirinya. Namun, tidak jarang anak muda jatuh ke dalam hal negatif yang menghancurkannya dan menghancurkan potensinya. Padahal dirinya dan potensinya itu sangat penting sebagai kontribusi bagi masyarakat di sekitarnya. Mengapa hal buruk itu selalu terulang? Hal ini mungkin disebabkan karena anak muda kurang mengolah diri dan potensinya.

Kemudian hal penting yang sebaiknya dilakukan sejak dini adalah mengolah potensi-potensi dalam diri. Potensi yang terolah dengan baik akan menghasilkan hasil yang baik pula. Hasil yang baik inilah yang bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya, dan hal ini pantas diapresiasi sebagai sebuah kemajuan yang baik untuk dirayakan. Perayaan atas hasil yang baik tentu mengandung tantangan juga, yaitu bagaimana perayaan itu terus menerus terjadi dan semakin semarak.

Demikianlah potensi yang terolah menghasilkan pribadi-pribadi yang otentik dan berkembang. Otentisitas anak muda layak diberi apresiasi dan diberi masukan untuk lebih berkembang lagi. Waktu boleh terus berjalan, namun potensi diri harus tetap digali. Potensi yang terolah dengan baik, membuktikan bahwa anak muda punya daya untuk maju dan berkembang.

Anak muda akan mampu menjadi pionir bagi perubahan menuju yang lebih baik, hanya bila anak muda mau mengolah potensinya dan berani maju. Keberanian untuk mengolah inilah yang menghasilkan generasi perubahan yang selalu dinantikan oleh masyarakat. Masyarakat kita membutuhkan generasi perubahan yang mendorong masyarakat menuju kepada yang lebih baik.