Reporter:  Lintang Kertoamiprodjoe

MSD_1

Langit kota Malang. Tanggal sembilan bulan tiga. Pukul tiga sore lebih. Ada tiga orang pemuda sedang duduk di sebuah bangku yang melingkari bangunan atau lebih tepat disebut sebagai jantung dari Universitas Brawijaya (UB). Iya, di bunderan UB ini, setiap minggunya selalu digelar acara Menggambar Bersama. Sebuah acara rutin yang dilakukan oleh sekelompok pemuda pemudi dari Malang Sunday Drawing atau MSD.
MSD sendiri terbentuk sejak satu tahun lalu, lebih tepatnya pada bulan September 2012. MSD adalah sekoloni manusia yang memiliki minat, ketertarikan atau kegemaran pada seni gambar. Setelah berjabat tangan dengan tiga pemuda di sana, saya memperkenalkan diri kepada dua orang yang lain, karena salah satu pemuda itu saya sudah mengenalnya. Sudah hampir pukul empat sore.
***
MSD_2
Hujan batal datang, langit kota Malang masih sedikit petang, waktu masih terus berjalan kencang. Beberapa teman yang lain sudah mulai datang. Beberapa pemuda kini sudah semakin memenuhi ruang. Sambil menunggu yang lain berdatangan, saya mengobrol dengan salah seorang anggota MSD, namanya Mirza “Bedjo”, tepat di samping saya. Saya mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan MSD. Memang,MSD sudah lama mengadakan acara mingguan, Menggambar Bersama. MSD juga aktif mengisi beberapa acara,terakhir kemarin mengisi acara 30:30 dan bulan depan akan mengisi acara juga di Indie Clothes. Tetapi entah mengapa, baru edisi ini saya ingin sekali meliput. Mungkin karena ada yang menggelitik dari flyer digital yang menyebar di jejaring sosial, yakni lokasi awal Menggambar Bersama minggu ini di Indomaret Point. Iya, di Indomaret.Ini menarik, karena tidak semua orang atau teman-teman pasti akan mengadakan sebuah acara seni di tempat yang sangat tidak begitu yahut. Well,tetapi pada akhirnya ada pesan singkat di handphone saya yang mengabarkan bahwa teman-teman MSD akan berkumpul di Bunderan UB. Acara tersebut batal dilakukan di Indomaret Point dan kembali diadakan di lokasi seperti biasanya Bunderan UB.Masih tertinggal pertanyaan di kepala saya, mengapa atau apa alasan Menggambar Bersama MSD kali ini diadakan di Indomaret Point. Beberapa teman-teman lain sudah mengeluarkan ‘alat tempur’nya. Mereka siap Menggambar Bersama.

 

***
MSD_3
Pukul lima sore, teman-teman masih mencumbu buku sketsa masing-masing. Di kanan saya ada beberapa teman yang menggambar sambil mengobrol dan ada juga seorang pria yang memakai kaos hitam PENA HITAM sedang menggambar jauh di ujung bangku sana. Sendiri saja. Di kiri saya, ada seorang pemuda yang brewok, Edwin Abdullah namanya, sedang mengobrol asik dengan saya. Dia mengeluarkan alat tempurnya, tetapi masih bingung akan mengeksekusi apa.
Masih ada Mirza ‘Bedjo’ dan akhirnya saya menanyakan kepadanya alasan mengapa sedianya Menggambar Bersama akan diadakan di Indomaret Point dan apa alasannya tiba-tiba batal. Ternyata, alasannya sederhana, yakni takut kalau sore hujan dan MSD sudah cukup lama vakum Menggambar Bersama sejak terakhir kali pameran Anniversary #1 MSD beberapa bulan lalu di Houtenhand dan juga karena kemaren-kemaren sedang libur semester kuliah. Dan alasan batal di Indomaret, karena Indomaretnya sedang dipakai acara lomba. Semesta, tidak mengijinkannya, juara!
***
Petang sudah datang. Lampu-lampu di sekitar ruang sudah mulai bertubuh terang. Sekoloni manusia ini masih di sini dan masih menggambar, meski mengobrol masih mendominasi. Peralatan perang sudah akan dikemasi. Akhirnya teman-teman melanjutkan, mutasi ruang sembari ngupi. Saya berpisah dengan mereka dan sampai jumpa.

*foto: Lintang Kertoamiprodjoe*

flyer msd
*Untuk teman-teman yang ingin bergabung ke acara Menggambar Bersama MALANG SUNDAY DRAWING, setiap hari minggu jam 3 sore di Bunderan UB Malang, silakan menghubungi CP : 08968217729 (MIRZA)*