Reporter: Lintang Kertoamiprodjoe

DSC_2079

Lengang dan tidak ada hiburan musik yang berisik. Tiga buah meja panjang kafe yang disebut sebagai kelas sedang berlangsung obrolan dengan konsentrasi masing-masing yang melarut di dalamnya. Setiap orang sedang bersikeras dengan bahan dan rasa penasaran. Tiga buah meja yang masing-masing meja ada kegiatan yang tidak sama. Masing-masing tentor sedang merapal mantra ke peserta-peserta acara ini. Di dalam sebuah kelas, tanpa sekat tanpa batas.

***
AMICITIA, berasal dari Bahasa Latin yang berarti teman sekelas. Mengapa disebut demikian? Ketika saya menanyakan kepada penggagas kegiatan ini, ada Aris (Kebo), Patricia dan Puput yang berasal dari Surabaya, mengatakan tujuannya adalah untuk merangkul teman-teman industri kreatif untuk berkegiatan bersama di bidang kerajinan tangan di dalam sebuah ruang, dan bersama-sama membuat sebuah persahabatan. Tidak melulu harus aksesoris, Puput menambahkan, bisa juga kita mengadakan kelas membuat brownies atau membuat kue-kue lainnya, atau membuat kerajinan tangan lainnya. Acara ini ditujukan kepada semua usia, utamanya anak muda.

DSC_2092
Berawal dari obrolan iseng Patricia ketika bertandang ke rumah Puput di Surabaya, dia mengutarakan bahwa dia ingin membuat kegiatan yang bisa membuat sesuatu dan layak jual tentunya. Kebetulan Puput sendiri juga membuat produk dengan merk Yarnheur, a handmade string art.

***
Ada empat pemateri yang mengisi kelas. Kelas dibagi menjadi empat macam, yakni Ojo De Dios, Dream Catcher, Nylon Bracelet, dan Wall Décor. Setiap kelas selalu dipenuhi dengan peserta yang antusias. Total ada 20 peserta. Kelas dari awal memang dibuka hanya untuk 20 peserta saja. Itu karena memang dibuat terbatas. Ke depannya, Amicitia akan diadakan setiap 3 bulan sekali dengan pemateri yang berbeda dengan konsep yang masih sama, Handmade Class.

DSC_2094

***
Waktu sudah menuju ke pukul lima, artinya kelas akan segera selesai. Barang-barang sudah dikemasi. Musisi bersiap mengisi menghibur peserta dan beberapa bangku sudah kosong. Saatnya untuk bersantai menikmati sore di Warung Kelir ini. Waktunya untuk berbagi hal berbagi ceria.

DSC_2098

*untuk yang berminat bisa menghubungi CP : PATRICIA – 087859671009,LINE : ptrcflp