Setiap orang pasti punya kapasitas dan batas-batasnya sendiri.
Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang punya batas kemampuannya. Kapasitas ini bukanlah untuk diratapi tetapi disyukuri, karena dengan keterbatasanlah hidup jadi komplet.

Kompletnya hidup juga bisa terjadi ketika orang mulai memahami tidak hanya kapasitas dan batas namun juga potensi diri.
Setiap orang punya potensinya sendiri, dan hal ini patut diapresiasi. Potensi diri inilah yang akan membawa seseorang ke tujuan hidupnya.

Hal ini mungkin terjadi jika orang menggali potensinya. Dengan menggali potensi dirinya, orang jadi tahu apa yang harus dilakukan dan secara sadar bertanggungjawab atas potensinya tersebut. Potensi yang diolah akan berbuah karya, karya inilah yang nantinya akan memberikan sumbangan kepada masyarakat baik melalui inspirasi pemikiran maupun konkret.

Jika potensi diolah dan menghasilkan karya, maka kapasitas tak lagi jadi soal yang mengganggu. Hal ini tak lagi jadi alasan untuk tidak mengembangkan diri. Jika seseorang mengembangkan dirinya secara positif, maka akan didapat juga hasil yang positif baik bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat luas. Hal ini sangat mungkin terjadi pada saat ini yang begitu banyak menyediakan ruang untuk berkarya seperti sekarang ini.