Reporter: Noviasari Triani

Tanda Indonesia merdeka adalah dikumandangkannya Proklamasi pada tahun 1945. Sejak kemerdekaan Indonesia sampai saat ini, para generasi muda semakin berkembang. Mereka berkembang dalam hal pemikiran, tingkah laku, bakat hingga kreativitas. Membahas soal kreativitas generasi muda yang semakin berkembang, dapat dibuktikan dari acara Delayota Art atau DelArt.

Picture1

Delayota Art atau biasa disebut DelArt adalah event tahunan dari SMA 8 Yogyakarta. Acara tersebut diselenggarakan di Taman Budaya Yogyakarta pada tanggal 5-8 Maret 2014 dimulai pukul 08.00-22.00. Di tahun 2014 ini adalah tahun ke 8 sehingga disebut DelArt#8 dengan tema ‘Regrowing Art’. Diangkatnya tema ‘Regrowing Art’ karena melihat kondisi alam yang semakin sakit dan kurangnya rasa memiliki. Polusi, penebangan pohon secara liar, pencemaran alam termasuk tindakan yang membuat alam ini terpuruk. Dari kondisi yang memprihatinkan itulah, seluruh panitia Delayota Art#8 mengusung tema yang berhubungan dengan alam dan seni. Pendukung tema tersebut terlihat jelas dari ornamen yang mempercantik acara tersebut. Setiap ornamen pada dekorasi acara tersebut memiliki filosofi tersendiri. Filosofi yang bertujuan untuk menyadarkan alam ini membutuhkan kasih sayang. Tidak hanya ornamen saja, akan tetapi DelArt#8 didukung oleh lukisan-lukisan dari siswa SMA 8, SMA lainnya di Yogyakarta dan juga dari komunitas pecinta seni. Lukisan-lukisan tersebut mencerminkan hubungan alam dan manusia.

Serangkaian acara DelArt#8 terdiri dari beberapa perlombaan, untuk kategori TK-SD dan sederajat terdiri dari lomba drumband anak lomba tari, lomba mewarnai, lomba menggambar. Sedangkan untuk kategori SMP-SMA-umum terdiri dari lomba fotografi dengan tema “Hijau Jogja untuk Dunia”, lomba grafiti, short movie competition (DELAVIESTA#5) dengan tema “Tribute for Mother Earth”. Penutupan acara DelArt#8 ditandai dengan Pagelaran Lustrum “BANJIR” pada hari Sabtu, 8 Maret 2014.

Serangkaian acara Delayota Art adalah bukti dari kreativitas generasi muda yang mempunyai manfaat positif. Kreativitas tidak hanya di bidang seni akan tetapi menunjang di berbagai sektor. Tanpa adanya keberanian, bakat dalam diri kita hanya untuk pajangan sesaat. Generasi muda yang saling memiliki rasa satu sama lain memperkokoh kekuatan negara tercinta yaitu, Indonesia.

 

*foto: Noviasari Triani*