Selain bekerja dan belajar, bermain jugalah sangat penting, karena bermain itu menyegarkan. Kesegaran itu didapat dengan permainan-permainan yang seru, yang menggugah kesadaran akan kreativitas. Dari bermain bisa didapat kreativitas. Kreativitas yang menyegarkan membuat hidup jadi tambah indah dan menarik. Demikianlah kira-kira bermain membuat hidup jadi indah dan menarik. Dengan bermain manusia bisa kembali pada pemahaman bahwa hidup itu anugerah karena sejatinya hidup itu indah dan menarik.

Dalam setiap keluh kesah, hidup tetaplah harus berjalan, jika terlalu berat, letakkanlah beban sejenak dan bermainlah. Bermain haruslah menjadi bagian hidup, karena justru dengan bermain manusia menemukan makna hidup. Selain bisa sedikit terhibur, bermain dapat menggerakkan lagi daya hidup yang lelah. Daya hidup inilah yang akan menghantarkan manusia pada kegembiraan, bahwa ternyata hidup bisa jadi sangat menggairahkan.

Di sinilah homo ludens, manusia yang bermain selalu bergairah akan hal-hal yang baru, yang jauh dari kemunafikan dan kesia-siaan. Hal-hal baru dalam hidup inilah yang membuat hidup juga terus diperbarui. Bermain menjadi hal yang diidamkan dan diinginkan. Bermain dengan gembira itulah pesan homo ludens. Bermain menimbulkan kegembiraan dan membuat orang lain di sekitarnya juga ikut gembira.

Di dalam masyarakat yang mencari seperti ini, pandangan homo ludens sangatlah diperlukan. Selain sebagai cibiran bagi kekuasaan, homo ludens adalah suatu alternatif yang bisa dicapai. Bermain di sini artinya menjadi kreatif dan solutif. Apa kira-kira artinya? Artinya adalah, homo ludens adalah manusia yang luwes dalam bersahabat, luwes mencari arti, dan luwes memaknai hidup. Hidup tidak jadi kering dan hambar tetapi kaya akan makna dan kaya akan pengalaman. Bukankah hal ini yang menjadi kerinduan setiap orang?