Apakah masih ingat film Avatar produksi Nickelodeon?
Tokoh utama dalam film animasi tersebut adalah karakter bernama Aang yang menguasai unsur angin. Sepertinya memang hanya film saja, namun dalam filsafat Cina, unsur angin menjadi salah satu unsur yang kemudian didalami sebagai salah satu unsur di semesta ini selain api, tanah, logam, kayu, dan air.

Angin berada di sekitar kita, berasal dari udara yang bergerak, angin ternyata begitu sejuk terasa. Angin membawa manfaat pada kehidupan manusia, namun juga membawa bencana. Ada angin tornado, puting beliung, dan angin kencang yang merobohkan rumah-rumah dan memiliki kekuatan yang menghancurkan.

Kegunaan atas kekuatan angin juga banyak membawa manfaat terutama sebelum era teknologi pemanfaatan angin berkembang seperti pembangkit listrik tenaga angin. Sebelum ditemukan mesin dan revolusi industri, angin dimanfaatkan untuk aktivitas manusia dalam kaitannya dengan produksi dan eksplorasi, misalnya untuk dunia pelayaran. Kegunaan angin untuk berlayar tentu saja sudah dikenal dan diketahui memiliki peran luas dalam perkembangan peradaban.

Tetapi untuk beberapa abad, angin juga telah dimanfaatkan untuk pekerjaan mekanik lain, seperti memompa air. Angin digunakan dalam teknologi perairan. Kincir angin sederhana dalam faktanya digunakan di Persia dan Cina Kuno. Dalam beberapa waktu silam, kincir angin yang lebih kuat telah digunakan di Belanda untuk membuat banyak area luas cocok untuk pertanian. Dengan memompa air laut keluar, lahan bisa dimanfaatkan untuk agrikultur. Orang Belanda juga mengembangkan pemotong dengan kincir, pengolah jagung, pengolah minyak, dan pengolah kertas.

Angin yang dirasakan hanya lewat saja, ternyata membawa dampak besar bagi manusia.
Dalam bidang filsafat Timur, seorang guru Tao yang terkenal dengan pengajarannya mendapat julukan ‘guru periang yang mengendarai angin’. Nama guru itu Lie Zi. Ia mengajarkan bahwa dalam menghadapi kejadian yang tak disangka dalam hidup perlu kebijaksanaan. Kata-katanya yang terkenal ialah:
My body is in accord with my mind, my mind with my energies, my energies with my spirit, my spirit with Nothing.